kabarterkini24

Berita Terkini Fakta Data Kata

Berita Terkini

Pastikan Keamanan Logistik Pemilu, Kapolres Purwakarta Lakukan Pengecekan Gudang KPU

PURWAKARTA – Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melakukan pengecekan keamanan gudang logistik KPU yang ada di Jalan Taman Pahlawan, Kelurahan Purwamekar, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, pada Jumat, 29 Desember 2023.

Dalam pengecekan tersebut, Kapolres didampingi oleh Kasat Intel, AKP Dimas Pambudi bersama Ketua KPU Purwakarta, Dian Hadiana dan Komisioner KPU, Iip Saripudin.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, adapun pengecekan dilakukan untuk memastikan tidak ada permasalahan atau gangguan yang dapat mempengaruhi proses penyimpanan dan distribusi logistik Pemilu.

“Untuk antisipasi kejadian tidak diinginkan, kami telah memploting khusus anggota untuk melakukan penjagaan di kantor KPU dan Bawaslu serta gudang KPU yang berjaga selama 24 jam,” ucap Edwar, saat ditemui di Gudang Logistik KPU, pada Jumat, 29 Desember 2023.

Kapolres menyebut, untuk memastikan keamanan beberapa logistik Pemilu yang telah didistribusikan ke gudang KPU, pihaknya menambah personel pengamanan di lokasi tersebut.

Edwar mengaku, pihaknya juga telah memerintahkan sebanyak 6 personil dan satu perwira kepolisian Polres Purwakarta.

“Langkah itu dilakukan untuk memastikan logistik yang terdistribusikan agar tetap aman hingga digunakan untuk Pemilu 2024 nanti,” ucapnya.

Instalasi kelistrikan di gedung logistik juga tak luput dari pengecekan, untuk meminimalisir adanya konsleting yang dapat memicu kebakaran, dan dimungkinkan koordinasi dengan PLN.

“Selain itu juga perlu sosialisasi kepada warga sekitar agar tidak membakar sampah di sekitar gudang logistik. Kami sudah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu untuk pengamanan gedung ini,” kata Kapolres.

Kepada petugas jaga di Gudang Logistik KPU Purwakarta, Kapolres berpesan agar selalu waspada terhadap situasi yang ada. “Kita tidak boleh underestimate, walau situasi di Purwakarta relatif aman. Kita harus selalu waspada dan jangan lengah,” kata Edwar.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres menegaskan bahwa polri siap memberikan pengamanan dalam setiap tahapan Pemilu.

“Dalam tahapan pemilu 2024 ini, kami siap memberikan rasa aman. Sehingga pesta demokrasi ini dapat berjalan lancar,” tutur Edwar.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Purwakarta, Dian Hadiana mengatakan, saat ini yang ada di gudang logistik KPU Purwakarta ini ada sebanyak 5.385 tinta dan 258.912 untuk segel kertas. Selain itu pihaknya juga telah menerima 10.772 bilik suara dan 13.499 kotak suara.

“Selain kotak suara, bilik suara, tinta, segel kertas, dan berbagai perlengkapan untuk menunjang proses pemungutan suara. Kami juga sudah menerima surat suara DPRD Purwakarta sebanyak 755.653 eksemplar. Saat ini kami sedang menunggu pengiriman surat suara sebanyak 207.795.857 lembar untuk DPRD Provinsi dan sebanyak 207.578.857 lembar untuk DPR-RI,” Ungkap Dian.

Ia menyampaikan, logistik pemilu yang kini tersimpan di gudang nantinya akan didistribusikan ke setiap tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 17 kecamatan di wilayah Purwakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *