kabarterkini24

Berita Terkini Fakta Data Kata

Berita Terkini

Kapolres Sekadau Pimpin Apel Pengecekan Kesiapan Personel PAM TPS Pemilu 2024

SEKADAU, Polda Kalbar – Kapolres Sekadau AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si, memimpin apel pengecekan kesiapan personel pengamanan TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada Operasi Mantap Brata Kapuas, dalam rangka Pemilu 2024, Selasa (23/1/2024) pagi.

Apel pengecekan kesiapan personel dihadiri oleh Wakapolres Kompol Riko Syafutra, S.T., S.I.K. M.H, Ketua Bawaslu Sekadau Marikun, S.Sos, Komisioner Bawaslu Nur Soleh, S.H.I, para PJU Polres Sekadau, Kapolsek jajaran, dan seluruh anggota Polres Sekadau.

Dalam tahapan pemungutan surat suara di TPS pada tanggal 14 Februari 2024, Polres Sekadau mengerahkan sebanyak 174 personel untuk mengamankan 698 TPS di wilayah Kabupaten Sekadau. Penebalan pengamanan juga dilakukan dengan BKO 30 personel Brimob Polda Kalbar dan personel Dalmas Polres Sekadau. Personel tersebut diperbantukan selama tahapan pemungutan surat suara.

Kapolres Sekadau AKBP Nyoman Sudama menjelaskan, apel ini merupakan kesiapan Polres Sekadau dalam memberikan pengamanan kepada masyarakat yang akan memberikan hak pilihnya pada Pemilu 2024 di TPS pada tanggal 14 Februari nanti.

“Selain pengecekan sarpras dan kendaraan, kesehatan dan fisik personel yang terlibat dalam pengamanan di TPS juga menjadi prioritas. Sehingga dalam pelaksanaan pengamanan di TPS nanti, seluruh anggota dalam keadaan siap, tanpa ada kekurangan apapun baik sarpras maupun perlengkapan yang dibawa,” ujar Kapolres.

Kapolres menekankan bahwa personel pengamanan TPS merupakan ujung tombak dan garda terdepan Polri, yang memikul beban dan tanggung jawab dalam pengamanan tahapan pemungutan surat suara.

“Gagal di satu TPS bisa memberikan efek domino, berdampak luas sampai di tingkat MK (Mahkamah Konstitusi). Oleh karena itu, tingkatkan kesigapan, naluri, dan insting rekan-rekan semua agar diasah untuk memastikan pengamanan di TPS nanti berjalan aman dan kondusif,” tegas Kapolres.

“Semua TPS adalah tempat yang rawan. Namun, di tempat paling rawan, disitulah tempat yang paling aman karena ada rekan-rekan semua yang memberikan pengamanan,” pungkas Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga menyampaikan mengenai manajemen media, disampaikan agar personel memberikan informasi mengenai kejadian yang terjadi di TPS, tentunya sesuai dengan data dan fakta. Hal ini sangat penting untuk memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat serta melawan berita hoaks dan memberikan dampak psikologi yang baik kepada masyarakat.

Dalam apel tersebut, Ketua Bawaslu Sekadau Marikun, serta Komisioner KPU Sekadau Nur Soleh juga memberikan arahan kepada personel Polres Sekadau yang akan melaksanakan pengamanan TPS. Arahan yang diberikan terkait pengawalan logistik yang wajib dilakukan serta menjelaskan alur pemungutan surat suara.

Setelah apel pengecekan selesai, Polres Sekadau melalui Sie Dokes memberikan pelayanan pengecekan kesehatan serta pemberian multivitamin kepada personel yang akan bertugas melaksanakan pengamanan TPS. (Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *