24 Juli 2024

kabarterkini24

Berita Terkini, Kabar Terkini dan Terupdate

Buntut Penyerangan Pusat Data Nasional oleh Ransomware, SAFEnet Gagas Petisi Turunkan Menkominfo, Kartu Merahkan Budi Arie

2 min read
Petisi mendesak kartu merahkan Menkominfo Budi Arie menggema untuk menurunkan Budi Arie dari jabatannya akibat serangan ransomware yang melumpuhkan Pusat Data Nasional (PDN).
Petisi dari situs change.org berisikan tuntutan untuk Budi Arieundur dari jabatannya sebagai Menkominfo saat ini.
Petisi turunkan Menkominfo Budi Ari mulai dibuat tanggal 26 Juni ini pertama kali digagas oleh Organisasi SAFEnet pasca insiden bobolnya PDN
Southeast Asia Freedom of Expression Network (Safenet) menggalang petisi melalui situs change.org yang meminta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mundur dari jabatannya.
SAFEnet menyuarakan agar Budi Arie mundur karna dinilai bertanggung jawab atas hilangnya ratusan data yang ada Pusat Data Nasional saat ini.
Petisi ini setidaknya sudah ditandatangani 6.785b tanda tangan.
Pada Jumat,28 Juni 2024 juga 4.096 orang menandatangani petisi mundur untuk Budi Arie.
Petisi ini muncul setelah satu minggu diretasnya Data Pusat Nasional diretas yang merupakan data pemerintah dan data publik.
Salah satu hal yang disorot oleh SAFEnet adalah belum adanya kejelasan mitigasi data-data pribadi.
Tanggapan Budi Arie tentang dirinya didesak mundur.
“No Comment,”ujar Budi Arie
Saat ditemui awak media pada hari Jumat 28 Juni 2024 di Gedung DPR RI guna memenuhi panggilan DPR komisi I.
Bagaimana tidak serangan ini membuat banyak kalangan merasa kecewa karena Data Pusat Nasional diretas oleh Ramsomware LockBit 3.0 ini sangat merugikan.
Serangan itu tidak hanya mengakibatkan gangguan terhadap sejumlah layanan, tetapi membuat data milik 282 kementerian/lembaga dan pemerintah daerah di PDN terkunci dan tersandera peretas.
Tim dari Kementerian Kominfo, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Polri dan juga Telkom selaku pihak pengelola PDN, telah berupaya mengembalikan data-data tersebut, tetapi tidak membuahkan hasil.
Dan akhirnya pemerintah mengaku gagal mengembalikan data-data yang tersimpan pada PDN.
Kemkominfo dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengaku juga tidak mempunyai backup data offline dari PDN.(*)
Sumber: kilat
Foto: Petisi Menkominfo Budi Arie untuk mundur (Tangkap layar change.org)