24 Juli 2024

kabarterkini24

Berita Terkini, Kabar Terkini dan Terupdate

Israel Kembali Gelar Festival Musik Nova yang Tahun Lalu Diserang Hamas

1 min read
Tel Aviv, Israel — Ribuan orang berkumpul di Tel Aviv pada Kamis (27/6) untuk acara Tribe of Nova pertama sejak serangan 7 Oktober.

Konser besar-besaran yang menampilkan sejumlah artis Israel terkenal yang berkolaborasi dengan sejumlah DJ itu diluncurkan untuk meningkatkan kesadaran dan mengumpulkan dana bagi jaringan terapi dan bantuan bagi para penyintas peristiwa 7 Oktober.

“Tidak ada yang bisa menghentikan kami menjalani hidup kami di sini, di Israel, dan tidak ada yang bisa menghentikan kami berdansa dan menikmati hidup,” kata salah seorang pengunjung konser, Maxim Mileyev.

Lebih dari 3.000 orang menghadiri festival musik elektronik Tribe of Nova pada 7 Oktober pagi tahun lalu, ketika militan Hamas menyerbu Israel selatan dan melancarkan serangan berdarah di wilayah itu.

Sedikitnya 364 orang tewas dan lebih dari 40 lainnya diculik dari acara itu. Beberapa di antaranya masih disandera di Gaza hingga berita ini diturunkan.

Israel menyatakan perang setelah serangan Hamas pada 7 Oktober, di mana kelompok militan itu menyerbu Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang yang sebagian besarnya warga sipil dan menculik sekitar 250 orang.

Perang Israel melawan Hamas di Gaza telah menewaskan lebih dari 37.600 orang, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, yang tidak membedakan mana kombatan, mana warga sipil dalam pendataannya.

Perang itu telah memutus sebagian besar pasokan pangan, obat-obatan dan pasokan lainnya bagi warga Palestina yang kini menghadapi kelaparan. [rd/jm]