14 Juli 2024

kabarterkini24

Berita Terkini, Kabar Terkini dan Terupdate

Kalau Pasrah PDN Diretas Artinya Pemerintah Kalah Perang Siber

1 min read
Seluruh data pada Pusat Data Nasional (PDN) harus bisa dipulihkan pemerintah dari serangan hacker. Jika tak mampu menemukan solusi, maka pemerintah Indonesia sama saja sudah kalah di medan perang siber.
“Ketika ini (kebocoran) di-compromise, (sama saja) seperti kalah perang siber,” kata Anggota Komisi I DPR, Sukamta dalam diksusi virtual bertema Pusat Data Bocor, Siapa Teledor?, Sabtu (29/6).
Peristiwa tersebut juga dapat merusak kedaulatan Indonesia. Sebab dalam PDN, disinyalir ada data sektor keamanan, ekonomi, hingga kesehatan warga yang kini telah diketahui oleh hacker.
“Kedaulatan bangsa Indonesia hari ini ya ini (data). Misalnya (data) polisi, bagaimana menerapkan sistem dan pola pengamanan, berapa personelnya, bagaimana pola laporan dan penananganan? Terus ini ketahuan negara yang ingin buat rusuh di Indonesia,” tegasnya.
Dari sisi ekonomi, Sukamta menilai kebocoran data bisa saja dipelajari pihak asing untuk mengintervensi perekonomian dalam negeri. Imbasnya, Indonesia bisa jadi negara yang bergantung pihak pemilik data.
“Tentu buat bangsa (imbasnya) mudah di-drive,” pungkasnya. 
Sumber: rmol
Foto: Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta/Net