23 Juli 2024

kabarterkini24

Berita Terkini, Kabar Terkini dan Terupdate

Soal PDN Diretas, Imigrasi Sempat Surati Kominfo untuk Back Up Data Tapi Tak Direspons, Netizen: Saling Menyalahkan

2 min read
Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sempat menyurati Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terkait data cadangan atau back up data di Pusat Data Nasional (PDN).
Namun Dirjen Imigrasi, Silmy Karim mengaku tak ada respons dari pihak Kominfo atas permohonan pihaknya itu.
Padahal kala itu, kata Silmy, pihaknya sudah mengirimkan surat permohonan untuk dibuatkan replika data pada April 2024 lalu.
“Yang jelas April ada suratnya kita minta untuk dibuatkan replika. Memang tidak dijawab. Makanya kita siapkan (backup) di Pusat Data Keimigrasian (Pusdakim),” ungkap Silmy.
Silmy menyebut alasan Imigrasi meminta cadangan data lantaran yakni karena pihaknya mendapati Kominfo tak mencadangkan data mereka.
Sebelumnya, server PDN mengalami gangguan sejak Kamis, 20 Juni 2024.
Gangguan itu berdampak pada 282 layanan publik di instansi pemerintah, tak terkecuali Imigrasi.
Akibat dari serangan siber ransomware itu, sistem imigrasi bandara Soekarno-Hatta dan seluruh kantor Imigrasi Indonesia menjadi lumpuh.
Alhasil, aktivitas yang berhubungan dengan Imigrasi terpaksa dipindahkan sementara.
Menurut keterangan Menkumham Yasonna Laoly, semua data Imigrasi yang terdampak untuk sementara waktu dipindahkan ke Amazon Web Service atau AWS.
“(Layanan imigrasi) terpaksa migrasi dulu ke AWS. Jadi menunggu PDN membaik, kita harus (lakukan) solusi emergensi. Jadi kita pakai yang Amazon dulu,” kata Yasonna Laoly pada Senin, 24 Juni 2024 lalu.
Kendati demikian, pernyataan dari pihak Imigrasi itu memancing komentar dari kalangan warganet.
Tak sedikit yang menganggap instansi pemerintah kini cenderung saling menyalahkan.
“Saling menyalahkan, tapi emang menteri Kominfo gak becus kerja juga sih, maklum dapat jabatan hasil giveaway,” tulis @Ds_y***.
“Sesama plat merah aja begitu,palagi dgn masyarakat. Sudah 26 tahun reformasi, tapi kinerja plat merah gak seperti harapan, cenderung sama saja. Padahal rezim sudah berganti, pelaku birokrasi mentalnya gak berubah,” tulis @Sar***. (*)
Sumber: kilat
Foto: Kolase logo Ditjen Imigrasi dan Menkominfo Budi Arie Setiadi (fisip.ui.ac.id)