14 Juli 2024

kabarterkini24

Berita Terkini, Kabar Terkini dan Terupdate

18 Tewas Akibat Ledakan Bom di  Nigeria; Otoritas Duga Bom Bunuh Diri

1 min read
MAIDUGURI, Nigeria — Sedikitnya 18 orang tewas dan 30 lainnya terluka setelah serangkaian serangan yang diduga bom bunuh diri di negara bagian Borno, Nigeria timur laut,  Sabtu (29/6). Kepala badan manajemen darurat negara bagian setempat mengatakan tersangka pelaku pengeboman diduga seorang perempuan.

Borno berada di pusat pemberontakan Islam selama 15 tahun yang telah menewaskan ribuan orang dan mengakibatkan jutaan lainnya mengungsi. Meskipun militer Nigeria telah menurunkan kemampuan para militan, mereka masih melakukan serangan mematikan terhadap warga sipil dan target-target keamanan.

Barkindo Saidu, direktur jenderal Badan Manajemen Darurat Negara Bagian Borno, mengatakan tersangka pelaku bom bunuh diri secara terpisah menyerang sebuah pesta pernikahan, pemakaman dan rumah sakit, menewaskan dan melukai beberapa orang di Kota Gwoza.

Saidu mengatakan sebanyak 18 korban yang tewas telah dikonfirmasi, termasuk anak-anak, orang dewasa dan perempuan hamil.

“Derajat cederanya bervariasi, mulai dari luka di bagian perut, patah tulang tengkorak, hingga patah anggota badan,” ujarnya.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Polisi negara bagian Borno tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Boko Haram dan kelompok sempalannya, Negara Islam Provinsi Afrika Barat, adalah kelompok militan paling aktif di Borno, wilayah pedesaan yang luas di pedalaman seukuran Irlandia. [ft]