25 Juli 2024

kabarterkini24

Berita Terkini, Kabar Terkini dan Terupdate

Bila Ridwan Kamil dan Kaesang Tidak Maju Cagub Jakarta, PAN Mau Usung Siapa?

2 min read
Bursa nama calon gubernur dalam Pilkada Jakarta masih terus bergulir. Bahkan dalam beberapa waktu belakangan sejumlah nama tokoh-tokoh politik nasional digadang-gadang bakal berkontestasi merebut kursi Jakarta-1.
Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi salah satu partai yang sudah memunculkan nama calon gubernur Jakarta. Bahkan DPW PAN Jakarta menyebut nama Ridwan Kamil dan Kaesang Pangarep menjadi dua kandidat utama. Meski begitu, nama putra bungsu Presiden Joko Widodo merupakan calon alternatif yang akan diusung.
“Kalau di level saya ya menjadi ini juga masukan yang kalau seandainya Ridwan Kamil tidak, gitu ya, apa yang harus kita tampilkan? Oh berarti ada alternatif lain, yaitu Mas Kaesang,” kata Ketua DPW PAN Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Sabtu (29/6/2024).
Meski begitu, Eko mengemukakan pihaknya belum memiliki alternatif lainnya, selain Ridwan Kamil dan Kaesang, untuk menjadi ‘penantang’ dalam kontestasi politik daerah Jakarta pada tahun ini.
“Kalaupun, misal Mas Kaesang tiba-tiba bulan Agustus mengatakan tidak, berarti ada lagi siapa yang harus kita ajukan, gitu ya, termasuk Mba Zita Anjani kan wakil gubernur ya tapi gubernurnya siapa ya kita sedang mencari juga,” katanya.
PAN sendiri mengaku masih membuka sejumlah kemungkinan dalam konteks dinamika politik lokal ke depan. Namun, Eko mengatakan, RK menjadi pesaing yang cocok menghadapi petahana Anies Baswedan.
Sampai saat ini, Anies sudah resmi mengantongi dukungan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
“Artinya banyak kan ya. Artinya, misalnya gitu ya tadi yang saya bilang tadi, kira-kira masuk nggak sih kalau misalnya Ridwan Kamil ke mari. Karena kalau Ridwan Kamil masuk ke DKI Jakarta menjadi persaingan yang buat saya seimbang antara Anies dengan Ridwan Kamil, gitu ya,” tutur Eko.
Meski nama Ridwan Kamil digadang-gadang bakal maju di Pilkada Jakarta, Kader Partai Golkar tersebut hingga kini masih belum mendapat penugasan khusus dari partainya untuk berkontestasi di Jakarta.
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengungkapkan bahwa partai berlambang pohon beringin itu lebih condong mengusung Ridwan Kamil sebagai cagub Jabar 2024.
Alasannya cukup mendasar. Berdasarkan hasil survei, Ridwan Kamil masih mempunyai peluang kemenangan yang lebih besar berkontestasi di Jabar dibandingkan di Jakarta.
“Ridwan Kamil ini di Jawa Barat sudah teruji, pertama approval ratingnya cukup tinggi sekali dan elektabilitasnya tidak ada yang menandingi, jauh sekali di atas nama-nama yang lain,” kata Doli, beberapa waktu lalu.
Sumber: suara
Foto: Ketua DPW DKI Partai Amanat Nasional (PAN) Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio. (Suara.com/Bagas)