24 Juli 2024

kabarterkini24

Berita Terkini, Kabar Terkini dan Terupdate

Sosialisasi Netralitas ASN, TNI, dan Polri dalam Pemilihan Umum 2024 di Kabupaten Berau

2 min read

Polres Berau – Pada hari Sabtu, 29 Juni 2024, Polres Berau melalui Satuan Provos dan Pengamanan (Sipropam) berpartisipasi sebagai narasumber dalam sosialisasi mengenai netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Berau tahun 2024. Acara ini diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Berau dan berlangsung di Hotel SM TOWER, Jalan Teuku Umar, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, dari pukul 09.00 hingga 12.45 WITA.

 

Acara sosialisasi tersebut menghadirkan dua narasumber utama dari Polres Berau, yaitu Kasipropam Polres Berau AKP H. Simalango, S.H., dan Kanit Provos Sipropam Polres Berau Aiptu Jamal. Mereka menyampaikan materi berjudul “Menjaga Netralitas Anggota Polri dan PNS Polri dalam Pemilu Tahun 2024”. Materi ini menekankan pentingnya menjaga profesionalisme dan netralitas anggota Polri dan PNS Polri dalam menghadapi proses pemilihan umum.

 

Sosialisasi ini dihadiri oleh 60 orang perwakilan ASN dari berbagai instansi, lima personel perwakilan TNI dari Kodim 0902 Tanjung Redeb, dan lima personel perwakilan Polri. Kegiatan ini dibuka pada pukul 09.00 WITA oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Berau, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya pada pukul 09.15 WITA. Sambutan dari Ketua Panitia Bawaslu Kabupaten Berau disampaikan pada pukul 09.30 WITA, yang menyoroti pentingnya sosialisasi ini dalam memastikan netralitas dan integritas dalam pelaksanaan pemilu.

 

Materi sosialisasi mulai disampaikan oleh para narasumber pada pukul 10.00 WITA. Dalam pemaparannya, AKP H. Simalango dan Aiptu Jamal menekankan bahwa netralitas anggota Polri dan PNS Polri merupakan aspek krusial untuk menjaga kepercayaan publik terhadap institusi kepolisian. Mereka juga membahas berbagai aturan dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh anggota Polri dan PNS Polri selama pemilu, serta sanksi bagi yang melanggar.

 

Sesi diskusi dan tanya jawab yang berlangsung dari pukul 11.00 WITA memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berdialog langsung dengan narasumber, mengajukan pertanyaan, dan berbagi pandangan mengenai tantangan yang dihadapi dalam menjaga netralitas selama pemilu. Kegiatan ini diakhiri dengan penutupan pada pukul 12.15 WITA, dimana para peserta sepakat bahwa sosialisasi semacam ini sangat penting untuk memperkuat komitmen bersama dalam menjaga netralitas dan integritas dalam proses pemilihan umum.

 

Acara sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya Polres Berau dan Bawaslu Kabupaten Berau untuk memastikan bahwa pemilu tahun 2024 berjalan dengan lancar, aman, dan adil, serta bebas dari intervensi pihak-pihak yang berkepentingan. Dengan sosialisasi yang intensif dan partisipasi aktif dari berbagai pihak, diharapkan netralitas ASN, TNI, dan Polri dapat terjaga dengan baik, sehingga menghasilkan pemilu yang demokratis dan terpercaya.

 

Humas Polres Berau