14 Juli 2024

kabarterkini24

Berita Terkini, Kabar Terkini dan Terupdate

Hacker Bobol Sistem KAI Commuter, Gimana Nasib Data Penumpang?

1 min read
Data Kereta Api Indonesia (KAI) khususnya KAI Commuter dibobol hacker. Hal ini, setelah adanya unggahan di media sosial X, yang mana data milik KAI Commuter itu dijual oleh kelompok hacker di darkweb.
Menanggapi hal tersebut, Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, memastikan keamanan data base pengguna Commuter Line yang sempat diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab.
Kekinian, KAI Commuter bersama pihak-pihak terkait terus berkoordinasi dan melakukan investigasi mendalam untuk menelusuri dan menangani peretasan sistem tersebut.
“Atas kejadian tersebut KAI Commuter sudah mengambil langkah-langkah penanganan seperti pembatasan akses baik jaringan publik maupun jaringan lokal,” ujar Anne dalam keterangannya, Rabu (3/7/2024).
Menurut dia, saat ini seluruh sistem operasional IT yang ada di lingkungan KAI Commuter juga masih berjalan dengan baik dan seluruh data base pelanggan aman.
“Masyarakat juga tidak perlu khawatir dalam menggunakan seluruh aplikasi layanan yang dihadirkan oleh KAI Commuter, karena KAI Commuter memiliki manajemen keamanan informasi yang baik,” imbuh Anne.
KAI Commuter berkomitmen untuk terus meningkatkan kemanan siber dalam penerapan teknologi informasi yang memudahkan masyarakat dalam menggunakan Commuter Line dan akan mengusut tuntas atas kejahatan ini.
“Untuk langkah lebih lanjut KAI Commuter akan bekerja sama dengan pihak berwajib mengusut kasus tersebut,” pungkas Anne.
Sumber: suara
Foto: Ilustrasi Hacker (Pexels/Jules Amé)