24 Juli 2024

kabarterkini24

Berita Terkini, Kabar Terkini dan Terupdate

Sedikitnya 87 Orang Diduga Tewas Berdesak-desakan Saat Acara Keagamaan di India

1 min read
NEW DELHI — Sedikitnya 87 orang dikhawatirkan tewas dalam insiden desak-desakan pada sebuah acara pertemuan keagamaan Hindu di negara bagian Uttar Pradesh, India utara, Selasa (2/7), menurut laporan stasiun televisi NDTV.

Insiden desak-desakan terjadi di sebuah desa di distrik Hathras, sekitar 200 kilometer tenggara ibu kota negara, New Delhi. Pihak berwenang mengatakan bahwa kerumunan besar berkumpul di area tanah terbuka, menanggapi panggilan dari seorang pemimpin agama setempat.

Juru bicara kepolisian distrik Manish Chikara menyebutkan jumlah korban tewas sekitar 60 orang, tetapi jumlah tersebut mungkin bertambah.

Video di media sosial memperlihatkan tumpukan mayat di tanah di luar rumah sakit setempat. Reuters belum dapat memverifikasi keaslian gambar-gambar tersebut.

“Insiden itu terjadi karena terlalu padatnya pengunjung, yang pada saat bersamaan berusaha meninggalkan tempat tersebut,” kata administrator distrik Hathras Ashish Kumar kepada wartawan.

Seorang saksi yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada penyiar India Today bahwa ada pintu keluar sempit di lokasi tersebut: “Saat kami mencoba keluar menuju lapangan, tiba-tiba terjadi keributan, dan kami tidak tahu harus berbuat apa.”

Uttar Pradesh adalah negara bagian terpadat di India dengan penduduk yang mencapai lebih dari 200 juta orang. Pimpinan Menteri Yogi Adityanath memerintahkan dilakukannya penyelidikan atas insiden tersebut.

“Instruksi telah diberikan kepada pejabat terkait untuk melakukan operasi bantuan dan penyelamatan dalam kondisi perang dan memberikan perawatan yang tepat kepada korban cedera,” tulisnya di X. [ah/es]