25 Juli 2024

kabarterkini24

Berita Terkini, Kabar Terkini dan Terupdate

Polsek Lowokwaru Pertahankan Wilayah Kondusif dengan Problem Solving

2 min read

Polsek Lowokwaru – Polsek Lowokwaru terus berupaya mempertahankan wilayahnya yang sudah kondusif dengan berbagai langkah antisipatif, salah satunya dengan mencegah adanya gangguan kamtibmas sedini mungkin.

Bhabinkamtibmas (Pak Bhabin) Aiptu Dwi Maduratno, SH berhasil menyelesaikan perselisihan antar warga penghuni Kost-kotsan di wilayah Kelurahan Dinoyo melalui problem solving dengan mediasi.

“Untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kelurahan Dinoyo, kami berupaya mencegah adanya perselisihan yang lebih besar dan berakibat fatal.” Ungkap Pak Bhabin Aiptu Dwi. (Rabu, 03/07)

Aiptu Dwi menjelaskan bahwa kejadian pada hari Sabtu, (29/06), pukul 02.00 WIB, terjadi perselisihan antara RG dan BR di sebuah rumah kos di Jl. MT. Haryono Gg 09, Kelurahan Dinoyo.

“Perselisihan tersebut dipicu oleh kesalahpahaman saat RG yang sedang mabuk merasa tersindir dan tersinggung dengan ucapan BR dan teman-temannya yang sedang bercanda.”

“Dalam kondisi mabuk, RG kemudian melakukan pemukulan terhadap BR pada bagian tangan.” Tambahnya

Kejadian tersebut menimbulkan kegaduhan dan akhirnya dilaporkan oleh pemilik kos dan Ketua RW setempat kepada Pak Bhabin Aiptu Dwi.

WhatsApp Image 2024 07 04 at 14.59.17 1

Setelah menerima laporan, Pak Bhabin Aiptu Dwi langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan mediasi.

Dalam mediasi tersebut, Pak Bhabin Aiptu Dwi mengumpulkan kedua belah pihak dan saksi untuk mendengarkan kronologi kejadian secara berimbang.

“Setelah Kami mendengarkan kronologi dari kedua belah pihak dan para saksi, Kami bersama Ketua RW setempat memberikan arahan kepada mereka agar menyelesaikan masalah secara kekeluargaan” Ujar Aiptu Dwi.

Berkat mediasi yang dilakukan oleh Pak Bhabin Aiptu Dwi, kedua belah pihak akhirnya sepakat untuk menyelesaikan masalah secara damai.

“Untuk memastikan tidak ada dendam dan masalah yang sama terulang kembali, kedua belah pihak membuat surat pernyataan damai secara tertulis yang disaksikan oleh Ketua RW setempat” Pungkas Aiptu Dwi.

Upaya problem solving yang dilakukan oleh Pak Bhabin Aiptu Dwi bekerja sama dengan masyarakat dalam menjaga kamtibmas.

Dengan menyelesaikan masalah secara damai, diharapkan hubungan antar warga khususnya yang tinggal di kost wilayah Kelurahan Dinoyo dapat kembali harmonis dan kondusif.