24 Juli 2024

kabarterkini24

Berita Terkini, Kabar Terkini dan Terupdate

Pusat Data Diretas, Dirjen Aptika Kominfo Undur Diri

1 min read
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo, Semuel A Pangerapan, yang akrab disapa Semmy, memutuskan mengundurkan diri dari jabatan.
Pengumuman itu disampaikan secara langsung di Kantor Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (4/7).
“Dengan ini saya menyatakan, per 1 Juli kemarin saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan, dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo (Budi Arie Setiadi),” katanya.
Pengunduran diri itu sebagai bentuk pertanggungjawaban sebagai pengelola teknis Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) yang mengalami peretasan.
“Kejadian itu, bagaimanapun juga secara teknis adalah tanggung jawab saya. Sebagai Dirjen pengampu dalam proses transformasi pemerintahan secara teknis,” jelasnya.
Semmy mengakui, gangguan layanan publik yang terjadi akibat kelumpuhan Pusat Data Nasional adalah tanggung jawabnya. Sehingga sebagai pertanggungjawaban moral, dia mengundurkan diri.
“Jadi saya mengambil tanggung jawab moral ini, dan saya menyatakan, harusnya selesai di saya. Karena ini masalah yang seharusnya saya tangani dengan baik,” pungkasnya.
Sumber: rmol
Foto: Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel A Pangerapan, undur diri dari jabatan/RMOL