24 Juli 2024

kabarterkini24

Berita Terkini, Kabar Terkini dan Terupdate

Bhabinkamtibmas sambang Desa, Dialogis Kelompok pemuda

2 min read

Polres Jombang – Dalam rangka menjaga kondisi Kamtibmas wilayah yang kondusif perlu peran serta masyarakat yang sadar turut ambil bagian dalam upaya menjaga Kamtibmas yang kondusif. Keaktifan masyarakat ini harus terus didorong sehingga terjalin komunikasi yang baik antara petugas Kepolisian dengan masyarakat sehingga kondusifitas Kamtibmas terus terpelihara, Senin (8/7).

Guna mendukung hal tersebut, petugas Kepolisian Polsek Ngoro terus konsisten menggelar patroli dialogis di sejumlah wilayahnya. Patroli dialogis ini dinilai cukup efektif untuk mendongkrak peran masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan.

Pada malam ini Bhabinkamtibmas Bripka Azwar Anas melaksanakan kegiatan patroli dialogis dengan warga di Desa Badang, Kecamatan Ngoro. Dalam dialogis tersebut yang bersangkutan juga menyampaikan himbauan agar tertib berlalu lintas agar tidak menjadi korban kecelakaan lalu lintas.

Sementara itu Kapolsek Ngoro Iptu Susila, SE, mengatakan kegiatan patroli dialogis ini interaksi berjalan dua arah masyarakat bisa menyampaikan berbagai hal yang terjadi dilingkingannya. Tidak terbatas soal keamanan semata tetapi juga aspek ekonomi maupun sosial.

“Patroli dialogis ini dikemas non formal agar masyarakat lebih bisa terbuka dan tidak ada segan atau takut menyampaikan sesuatu. Kami juga terbuka menerima kritik atau masukan untuk perbaikan.” Ungkap Iptu Susila.

Menurutnya, dengan interaksi secara langsung seperti ini, petugas bisa mengetahui secara riil tentang kondisi di lapangan. Informasi yang diperoleh dari interaksi ini bisa digunakan sebagai acuan untuk merumuskan kebijakan pemeliharaan Kamtibmas yang ideal.

Pihaknya menambahkan, kegiatan patroli dialogis ini dilaksanakan oleh personil Polsek Ngoro. interaksi dengan masyarakat bisa dilakukan dimana saja, seperti tempat wisata, pasar hingga Warkop.

“Apabila masyarakat ada keluhan yang diluar tugas pokok dan kewenangan Polri, akan kami bantu teruskan kepada instansi atau Lembaga yang berkompeten.” Pungkasnya.