14 Juli 2024

kabarterkini24

Berita Terkini, Kabar Terkini dan Terupdate

Setelah Dukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut, PKS akan Dukung Kaesang di Jateng?

2 min read
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak menutup kemungkinan mendukung putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep (Kaesang) di Pilgub Jateng. Langkah yang dilakukan ini setelah PKS mendukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut.
“Kalau saya amati, PKS tidak menutup kemungkinan mendukung Kaesang di Pilgub Jateng. Apalagi pada Senin (8/7/2024) Kaesang mengunjungi DPP PKS,” kata pengamat politik Muhammad Huda kepada redaksi www.suaranasional.com, Senin (8/7/2024).
Menurut Huda, PKS sangat realitis mendukung Kaesang di Pilgub Jateng karena berdasarkan hasil survei Indo Barometer menunjukkan elektabilitas Ketua Umum PSI itu sangat tinggi. “PKS mendukung Kaesang tentunya ada konsekuensinya. Ini bagian strategi jangka panjang PKS agar bisa eksis di Jateng untuk bersaing dengan partai-partai yang lain,” ungkapnya.
Huda mengatakan, Pilgub Jateng sangat strategis buat partai politik manapun termasuk PKS terutama menghadapi Pemilu 2029. “Pemikiran PKS itu bukan untuk sekarang tetapi 2029. Yang bisa mengalahkan kandang Banteng di Jateng hanya Jokowi,” tegasnya.
PKS) mengusung Wali Kota Medan Bobby Nasution sebagai calon gubernur dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) 2024.
“Ya PKS mengusung beliau (Bobby), dan tentu kita mempercayakanlah kepada beliau,” kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu di DPP PKS, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2024).
Syaikhu memastikan PKS tidak akan menyodorkan calon wakil untuk Bobby. Namun, ia memastikan pihaknya siap untuk membantu pemenangan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.
Tapi kami, mesin partai kami, sudah siap untuk menjadi salah satu pemenangan bagi beliau,” ujar Syaikhu.
Terbaru, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyerahkan rekomendasi final kepada Bobby Nasution untuk maju sebagai bakal calon gubernur pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) 2024.
Rekomendasi itu diserahkan langsung oleh Waketum PKB, Jazilul Fawaid di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).
Jazilul mengatakan Surat Keputusan (SK) yang diberikan oleh PKB kepada Bobby belum lengkap. Pasalnya di dalam SK itu baru memutuskan Bobby sebagai bacagub Sumut. Namun, belum ada nama calon wakil gubernur yang akan mendampingi.
“Nanti akan diputuskan bersama partai koalisi yang akan mengusung mas Bobby, setahu saya di situ ada PKB, Golkar, Gerindra, Nasdem, PAN, Demokrat dan PPP banyak. Artinya ini koalisi besar,” kata Jazilul.
Ia berharap, calon wakil gubernur yang akan mendampingi dapat mendongkrak elektoral Bobby di Sumut. Ia meminta agar Bobby bisa mencari calon wakil dari unsur perempuan.
Hingga saat ini Bobby didukung oleh sejumlah partai besar untuk bertarung di Pilgub Sumut, di antaranya, Partai Golkar, Gerindra, NasDem, Partai Amanat Nasional (PAN), Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Foto: Presiden Partai Keadilan dan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu didampingi Sekjen Habib Aboe Bakar Alhabsyi menyambut kedatangan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep beserta jajarannya di markas PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin sore (8/7). Dok Foto: Ahmad Alfian/RMOL